TANAH KELAHIRANKU

TANAH GAYO TANAH KELAHIRANKU

Sekarang aku akan mengenal kan kepada pembaca tentang  sebuah  lokasi di Negara Indonesia yang sangat menarik yaitu Kota Takengon dan budaya dari suku gayo. Di kota Takengon, ada danau yang indah dinamakan Lut Tawar. Lut Tawar dikelilingi oleh gunung yang mempunyai pohon pinus dan juga beberapa pohon kopi. 

Di danau ini kita bisa pergi ke beberapa tempat yang mempunyai cerita rakyat terkenal seperti goa loyang korodan goa putri pukes.

Jika kita pergi kesana, kita bisa mendaki gunung bur telegedan kita dapat melihat pemandangan semua bagian danau dan kota Takengon. 


Pekerjaan dari masyarakat yang tinggal diseputaran danau ialah sebagai nelayan. Biasanya, ayah atau anak laki-lakinya dari sebuah keluarga pergi ke danau pada malam hari hingga pagi dengan sampan untuk  menangkap ikan dengan mengayuh sampan mengelilingi danau. Ketika pagi datang mereka kembali ke tepi danau, melabuhkan dan mengikat sampan ke kayu. Selanjutnya, isti mereka atau ibu mereka yang teah menunggu di tepi danau menolongnya di pagi hari untuk mengumpulkan hasil dari pancingan dan mengambil ikan satu persatu dengan hati-hati dari jaring ke ember hingga ember penuh. Di laut ini ada 1 ikan khas yang hanya hidup di danau lut tawar, ikan itu dinamakan depik. Bentuk dari ikan ini sama seperti yang kita lihat dalam gambar ini.Kemudian penjual pergi ke pasar untuk menjual ikan. Depik adalah salah satu ikan favorit di kota takengon dan harganya mahal walaupun ikan ini termasuk ikan yang berukuran kecil. Penjual menjual ikan ini biasanya menggunakan benda yang terbuat dari besi yang disebut kal sekitar 250gram dan bambu sekitar 1kg. Biasanya ikan ini dijual dengan 2 kondisi yaitu masih segar atau basah dan sudah dikeringkan terlebih dahulu. 

Kemudian, kita beralih ke budaya suku gayo yang sangat indah ketika kita melihatnya yaitu kerawang gayo. Kerawang gayo pada dasarnya mempunyai warna dasar hitam dengan motif yang berwarna merah, hijau, putih dan kuning yang mempunyai arti tersendiri dalam suku gayo. Arti dari warma hitam adalah hasil keputusan adat, merah artinya berani dalam bertindak di jalan yang benar, hijau artinya simbol kejayaan dan rajin dalam kehidupan sehari-hari,  putih artinya suci lahir dan batin, dan kuning berarti simbol dari kehati-hatian dalam bertindak. Pembuatan kerawang gayo sangat hati-hati karena setiap motif memiliki simbol tertentu juga. Sejauh ini ada 11 motif dalam kerawang gayo. Kerawang gayo adalah hal penting yang harus digunakan dalam acara sakral seperti pernikahan, kerawang gayo juga digunakan dalam acara pembukaan untuk menyambut tamu kehormatan dan kerawang gayo digunakan sebagai busana semua tari tradisional gayo. Tapi saat ini, karena efek dari modernisasi, banyak jenis dari kerawang gayo dibuah menggunakan merah, hijau, putih, dan kuning sebagai warna dasar dari kerawang gayo. Kerawang gayo sangat direkomendasikan kepada pengunjung wisata untuk membelinya sebagai oleh-oleh ketika datang ke tempat ini.


Kemudian, berdasarkan suku gayo, ada tari tradisional di suku gayo yang disebut tari guel. Tari guel awalnya dimulai karena sebuah mimpi dari seorang lelaki yang merupakan pangeran dari raja linge ke 13 yang bernama sengeda.  Tari ini berisi tentang manusia yang mencoba menundukkan gajah dan gerakan dalam tari guel adlah meniru gerakan belalai gajah dengan penari yang menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah. Sampai sekarang gajah putih dan tari guel merupakan ikon dari suku gayo. Jumlah penarinya terdiri dari 2 kelompok yaitu 2-4 laki2 dn 8-10 perempuan. 

Di suku gayo juga mempunyai tarian yang terkenal di dunia juga sebagai warisan dunia yang tak berbentuk dan tari ini pernah memecahkan rekor dengan 12.617 penari, tari tradisional ini dinamakan saman.

Saman terdiri dari laki-laki mulai dari anak-anak, remaja, orang tua dan terdiri atas banyak orang yang duduk sejajar dan menggerakkan tangan mereka, menepukkan tangan ke dada dan ke lutut juga. Kemudian mereka sesekali mengangkat badan ke atas dan ke bawah seperti yang kita lihat dalam video ini. Walaupun mereka terdiri dari banyak orang, gerakan mereka seirama dan kelihatan sangat lincah dan indah dipandang dari kejauhan



kalian para pembaca bisa juga lihat link dibawah untuk lihat video
https://m.youtube.com/channel/UC4m-bXb8kbLh3NnW5ihqKvA



Nasrull479@gmail.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kangker Mata

ISI HATI ANAK RANTAU KEPADA ORANG TUA

MELAKSANAKAN AMANAH ORANG TUA