MOTIVASI SEKOLAH DAN KULIAH

MOTIVASI SEKOLAH DAN KULIAH



”Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu anda dapat mengubah dunia”
Nelson Mandela

Sudah jelaskan, bukan pendidikan yang menentukan kesuksesan seseorang tersebut. Tapi bagaimana lagi seseorang itu  mengambil peluang dan cara untuk menjadi sukses tersebut. Bukan gelar dan pendidikan yang menentukan kesuksesan juga, karena banyak juga orang yang nggak banyak gelar bisa lebih sukses.


“Di mana pun anda sekolah dan kuliah, kita tetap bisa sukses dan berhasil, karena bukan tempat kuliah yang menentukan kesuksesan melainkan cara kita untuk sukses tersebut”

Kemenangan adalah target yang harus kita dapati, itulah tujuan dari hidup kita ini. Kemenangan bukan hanya dilihat dari sukses yang tampak diri orang tersebut, melainkan kemenangan terhadap diri meraka sendiri. Kemenagan sejati dapat dilihat dari bagaimana dia memahami dan mengerti maksud dari kemenangan tersebut.

Sekolah atau kuliah harus ada tujuan, begitu juga dengan kehidupan. Tujuan hidup atau impian bukan saja bicara besok atau pagi atau tahun depan. Bicara sekolah kita bicara masa depan.
80% orang sukses hari ini adalah orang-orang yang memiliki tujuan hidup, memiliki mimpi, berani dan mereka bekerja keras untuk meraihnya.

Coba sahabat lihat orang-orang di sekeliling kamu yang memiliki tujuan hidup yang tidak jelas. Jika mereka beruntung, tentu saja mereka sudah merasa cukup dan meraka puas. Jika mereka beruntung pasti mereka lontang-lantung pada arah yang tidak jelas. Menyalahkan semuanya dan merasa rugi karena telah terlahirkan.


BERMIMPI DARI SEKARANG

Seseorang yang sedang sibuk dengan tujuan adalah seseorang yang sedang mempersiapkan masa depannya. Sedang membuka pintu-pintu baru masuk dalam hidupnya, dll
Mimpi itu ibarat seperti kita menaiki sebuah tangga, sebelum kita sampai k etas maka harus melewati tangga-tangga sebelumnya. Begitu juga dengan mimpi, sebelum kita mewujudkan mimpi kita ada satu yang wajib harus kita jalani. Yaitu proses, memang dalam mewujudkan mimpi ini harus ada sahabat yang namanya waktu yang selalu mengiringi. Waktulah sahabat terbaik dalam mewujudkan mimpi.

“Jangan pernah lihat seberapa besar mimpi anda, tapi lihatlah seberapa besar yang anda berikan kepada mimpi anda.”

Ketika anada menanam tomatmmaka yang akan tumbuh pasti buah tomat, jika anda menanam buah apel maka yang tumbuh buah apel. Begitu juga dengan mimpi kita, kalau kita selalu tidak serius dengan masa depan maka masa depan juga tidak serius dengan kita.jika kita serius dengan masa depan, maka masa depan lebih serius sama kita.

Coba sahabat Tanya kepada orang yang pengangguran, apakah dia anda mimpi untuk masa depan?
Mungkin ada, tapi bagaimana pengorbanan dia kepada mimpinya tersebut. Karena penyebab kegagalan adalah dia mau berpikir tapi tidak mau bergerak, dia mau bergerak tapi tidak mau berpikir. Jadi intinya selain kita bermimpi kita harus berkerja keras.

“Karena kesuksesan itu adalah 90% keringat, dan 10% baru mimpi atau ide kita”

Logikanya lagi, ketika kita berjalan kepasar. Tanpa kita targetkan untuk membeli apa, tanpa anda sadari anda ingin membeli semuanya, akhirnya uang terhambur-hamburkan, Waktu dan tenaga begitu-begitu saja dan sampai dirumah baru nyesal deh,,, hehehe

Begini juga dengan dengan hidup ini, tanpa mimpi yang jelas kita tanpa terasa  sudah semakin dewasa  dan tua, hari-hari kita semakin berkurang, arah hidup belum jelas, uang semakin berkurang, dan semangat juga akan terus berkurang.

Sekarang banyak kita liha, banyak anak-anak muda yang mencoba munuman keras, narkoba, sex bebas, dugem dll. Tampa memikirkan dampak suara larangan yang dilanggar. Setiap sesuatu yang dilanggar karena sudah banyak kejadian yang tidak diingni. Ibaratnya seperti kita menanam biji busuk, jelek, udah kurang bagus maka yang tumbuh juga  bibit yang tidak bagus begini juga masa depan kita sahabat.

Sekaranglah saatnya anda menanam buah apa yang anda tanam untuk masa depan kita. Carilah benihnya dan pupuknya, dan rawatlah dengan baik dengan semaksimal mungkin.

Dari sekarang, impikan dan targetkan impian mu, walau pada suatu hari mimpi itu dapat berubah, dan anda sudah berusaha, tapi banyak pelajaran yang anda dapat dari proses mewujudkan mimpi ini.

Sekarang tanyakan pada diri anda, apakah mimpi anda? Apakah anda ingin hanya seperti daun yang jatuh ke sungai yang selalu terbawa oleh arus air? Apakah anda memiliki mimpi, yang untuk dilihat oleh semua orang betapa popular dan hebatnya anda? Apakah hanya untuk membahagiakan orang tua? Apakah memiliki mimpi ada untuk ke bermanfaatannya bagi orang lain? Atau anda memiliki mimpi yang akan membawa namamu untuk dunia dan akhirat dan mewarisi harta terbaik untuk anak-anak anda kelak.


SEKOLAH DAN KULIAH UNTUK APA?

Fenomena sekarang ini adalah banyak kita lihat siswa dan mahasiswa yang berlomba-lomba ingin mencari kekanyaan atau pengusaha. Banyak seorang ibu yang berlomba-lomba mengajarkan anaknya untuk menjadi pembisnis tampa menghiraukan kuliah yang sedang dilaluinya. Memang bukan salah untukmengajari kita belajar menjadi pengusaha.

Kuliah bukan untuk cari uang, kuliah adalah salah satu tempat untuk mengembangkan dan mengubah cara berfikir kita. Dikuliahlah kita bebas mengembangkan ide, mengembangkan diri, pendapat, mengubah karakter, perubahan cara berfikir dan semuanya kita gali dalam perkuliahan ini.
Jadi intinya hidup kita ini da fase-fase hidup Nabi Muhammad SAW pada umurnya dari lahir sampai 23 tahun dia sedang mencari pengalaman dan terus terus belajar, pada fase ke umur 23 sampai 45 Beliau mulai mengembangkan bisnisnya hingga meledak, dan pada fase umur 45 keatas Beliau mulai mengembangkan ke Nabiannya.

Kalau kita berbicara duit, sampai berapa kayanya seseorang? Seberapa kayakah orang yang dikatakan kaya? Di jamin sampai kapanpun kita mengejar kekayaan tidak akan pernah puasnya. Coba saja lihat orang-orang yang koruptor adalah orang-orang yang menengah keatas. Memang tidak boleh kita munafik, memang uang itu sangat penting, tapi lebih penting adalah ilmunya. Jangan hanyapemikiran kita untuk uang, tapi bagaimana kita berfikir uang itu mengejar kita.

Ada beberapa prinsif menurut orang tentang uang, diantaranya:
  • ·         Cari uang dulu, kalau sudah ada uang baru kuliah
  • ·         Bagaimana bisa kasi makan kalau kitanya saja kelaparan
  • ·         Cari ilmu dulu baru setelah ada ilmu nanti uang akan mengejar kita


Jadi berprinsiflah dari kekurangan kita akan melahirkan keluar biasaan dalam hidup kitadan selalu berfikir memberi dari kekurangan adalah suatau bentuk ibadah yang sangat luar biasa
   
    
Bersambung…










Nasrularigayo.blogspot.co.id
Nasrull479@gmail.com



Nantikan episode selanjutnya dari MOTIVASI SEKOLAH DAN KULIAH   diantaranya dibawah ini:

v  Jangan kebanyakan mimpi

v  Bukan di mana tapi bagaimana

v  Ketika kampus impian tidak tercapai

v  Perusak mimpi besar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kangker Mata

ISI HATI ANAK RANTAU KEPADA ORANG TUA

MELAKSANAKAN AMANAH ORANG TUA