MENCIPTAKAN GENERASI MUDA YANG TANGGUH

MENCIPTAKAN GENERASI MUDA YANG TANGGUH


Guys apakah kalian tau apa yang di maksud dengan pemuda yang tangguh…?

Mari kita simak bersama–sama apa itu pemuda yang tangguh

Pemuda tangguh dapat diartikan pemuda yang bisa menggunakan masa mudanya untuk hal-hal yang bermamfaat, seperti :melaksankan perintah agama dan dapat menjauhi larangan agama, dapat mempersiapkan dirinya hidup mandiri untuk kelangsungan kehidupan di masa yang akan datang, mampu menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan masyarakat pada umumnya.


Keadaan pemuda masa kini

Waktu terus berjalan  dan tidak akan dapat terulang lagi. Jika kita melihat keadaan para pemuda Indonesia saat ini rasa-rasanya sulit bagi kita untuk mengidamkan negeri ini menjadi pemimpin peradaban di dunia ini seperti yang di idam-idamkan oleh kita semua guys. Seharusnya  pemuda yang ada pada saat ini  harus berkaca kepada seorang pemuda yang gagah berari, pemuda yang membawa zaman dari zaman kegelapan ke zaman terang menderang  dialah pemuda pujaan bangsa  dialah Rasulullah S.A.W. yang mempunyai suri tauladan yang baik dan menjadi contoh untuk semua kaum baik yang sudah tua maupun  yang masih muda sekalipun,memang sulit untuk meniru prilaku Rasulullah  dalam membangun bangsa dan umatnya, tetapi tidak akan sulit apabila kita ada kemauan untuk menuju perubahan, berubah dari Negara berkembang ke Negara yang maju dalam segala bidang dan maju dalam imam dan taqwa.

Jika di lihat dari latar belakang, generasi-generasi muda saat ini yang korban dari budaya permisif yang tidak terkait dengan nilai dan norma bisa di pastikan di antaranya adalah kurangnya pendidikan agama dari keluarga, kurangnya perhatian, kepedulian, dan kasih sayang dari keluarga, lingkungan yang tidak mendukung, pola hidup yang terlalu bebas dan individualism, teman pergaulan yang menyukai kehidupan bebas, dan rapuhnya iman serta kepribadian.

Sebagai generasi muda di Indonesia pada saat ini sudah  mengalami kerusakan akhlak, moral, dan nilai-nilai norma adat sopan ketimuran yang tidak  digunakan lagi oleh kita sendiri sebagai bangsa Indonesia, menyedihkan memang mengetahui generasi muda saat ini apabila kita lihat apa yang sudah di lakukan  oleh sebagian generasi muda  saat ini, sungguh ,iris…!!! Kondisi remaja generasi muda Indonesia kita saat ini sungguh memperhatinkan.

Masa depan suatu bangsa terletak di tangan pemuda atau generasi mudanya sebab merekalah yang akan menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa. Oleh karena itu, generasi muda perlu di beri nekal berupa ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Salah satu cara untuk memperoleh bekal pengetahuan tersebut dapat melalui pendidikan, baik formal maupun non formal, baik itu pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi. Hal-hal yang menghambat kemajuan haruslah diganti dengan hak yang baru sesuai dengan tuntunan dan perkembangan masyarakat, oleh karena itu, dalam mengadakan perubahan hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi mereka berada.

Sebelum pemimpin untuk mewujudkan Negara yang maju, sepantasnya kita melirik ke dalam kesebuah pelosok dimana para masyarakat mulai kehidupan sehari-harinya. Maksudnya adalah desa. Disinilah benih pergerakan roda pemerintahan tumbuh kembang. Untuk apa kita berbicara dan berangan-angan terlalu tinggi, jika desa saja tidak mampu dibenahi dalam artian pembangunan yang lebih baik?

Umumnya selama ini, desa dikuasai oleh peutuha-peutuha yang memang kondisi fisiknya suda tua. Jarang sekali anak muda diberi kesempatan untuk menjabat dalam struktur pemerintahan desa. Hal ini terjadi bukan karena alasan, mulai dari kurangnya kepercayaan masyarakat karena merasa orang yang lebih tua sudah sangat mampu, enggang menunduk dibawah pemimpin yang lebih muda dan berbagai alasan lainnya. Pemikiran-pemikiran semacam ini harus segerah dienyahkan dari pola masyarakat desa.

Desa, di suatu sisi secara yuridis diakui sebagai sebuah pemerintahan yang memiliki wilayah, kewenangan dan yang paling penting dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting peran pemuda dalam pengolahan berbagai aktivitas di desa. Sebagai generasi yang energik dan berkualitas suda sepatutnya berjuang bersama-sama guna mambangun eksistensi dan kualitas desa yang lebih baik.. selain itu midal social seperti kebersamaan, keswadayaan, dan gotong-royong harus diperkuatkan dalam lingkuangan masyarakat. Karena momen seperti itu sangat penting untuk menjalin komunikasi dan relasi antarmasyarakat.

Organisasi dalam desa, organisasi desa adalah organisasi yang berada dan bekerja secara gerakannya dalam lingkungan desa itu sendiri sangat besar untuk menciptakan pembangunan yang berorientasi pada masyarakat. Organisasi dilibatkan dalam meraih tujuan-tujuan pembangunan, tidak terlepas juga dari pemikiran orang-orang muda yang bisa di pakai untuk membangun. Mereka cerdik dengan akal dan selalu siap untuk berbuat atau bekerja. Peran ini Nampak bila mana struktur ekonomi masyarakat desa berubah, seperti halnya tindakan untuk menyediakan imfrastruktur social dan ekonomi, menjadi bagian dari setrategi dan program pembangunan.

Realitan di lapangan para pemuda hanya di jadikan sebagai tenaga kerja namun cara berpikir pemuda tidak pernah dipakai dalam perencanaan ataupun setrategi, ini merupakan konsep yang harus di perbaiki. Bisa sajapemuda memiliki pemikiran yang lebih bisa di terima oleh masyarakat luas karena sehari-hari pemuda selalu bergaul dengan masyarakat  jadi dengan mata kepala sendiri mendengar keluhan-keluhan masyarakat baik itu tentang kebajikan pembangunan desa maupun hal-hal yang lain. Jadi kesemuaan itu bisa di sampaikan dan di rembuk bersama sehingga semua kegiatan serta hasil pembangunan berorientasi pada masyarakat yang menciptakan kekurangan hidup antarmasyarakat. Dalam semua teknis dilapangan  biarlah para pemuda yang menjadi pekerja utama karena orang muda selalu siap sedia bekerja dan kapan saja asalkan untuk keadilan, kebaikan dan kesejahteraan bersama.


Ayo pemuda Indonesia bangun bangsa ini untuk bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kangker Mata

ISI HATI ANAK RANTAU KEPADA ORANG TUA

MELAKSANAKAN AMANAH ORANG TUA